Seputar Wisata di Jawa Indonesia

TIPS AMAN NAIK BUS

Untuk sebagian orang, bus menjadi moda transportasi paling diminati. Banyak alasan yang mendasari kecintaan seseorang terhadap salah satu alat transportasi darat ini, di antaranya adalah perjalanan dinamis yang ditawarkannya dan kemudahannya untuk berhenti di titik-titik tertentu di rute yang dikehendaki penumpang.

Setiap moda transportasi memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri. Dalam hal ini, bus dianggap lebih rawan tindak kriminalitas karena jarak rute yang luar biasa beragam, kurang terorganisirnya pendataan penumpang, atau maraknya calo di pusat penjualan tiket seperti di terminal-terminal. Namun, kekurangan ini dapat diantisipasi dengan mudah dengan cara membeli tiket bus online di easybook.com. Bahkan, dengan beberapa persiapan sederhana, perjalanan dengan bus akan senantiasa aman dan nyaman.

Ingin perjalanan Anda aman dan nyaman? Perhatikan beberapa poin di bawah ini.

1. Merencanakan pemesanan tiket

Sepintas, memesan tiket adalah hal yang mudah. Namun, tanpa memperhatikan detail-detail seputar tiket, banyak orang mendapatkan pengalaman buruk saat berpergian dengan bus, mulai dari harga tiket yang terlampau tinggi hingga tempat pemberhentian yang diinginkan tidak termasuk dalam jalur armada. Oleh karena itu, ikutilah setiap langkah di bawah ini:
(1) Tentukan tujuan perjalanan (nama kota, terminal, jalan raya, agen, atau landmark tertentu)
(2) Ketahui armada apa saja yang melalui atau menuju tujuan
(3) Pertimbangkan jalur yang dilewati bus, fasilitas, dan harga
(4) Pilihlah bus yang memenuhi kebutuhan
(5) Beli tiket di agen bus atau kantor perwakilan (lebih mahal 5-10ribu rupiah, namun bebas calo)
(6) Perhatikan tanggal dan jam keberangkatan

2. Mempersiapkan keberangkatan

Menjelang waktu keberangkatan, tiga hal pokok yang menjadi pertimbangan Anda adalah kesehatan, barang bawaan, dan suplai makanan dan minuman selama dalam perjalanan. Untuk memudahkan persiapan, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
(1) Selalu bawa dua jenis tas dalam setiap perjalanan: satu tas besar untuk pakaian, sepatu, dan barang besar lainnya dan satu tas kecil untuk dompet, perhiasan, dokumen penting, dan barang penting lainnya
(2) Siapkanlah makanan dan minuman pengganjal perut selama dalam perjalanan
(3) Hindari membawa barang yang memiliki bau yang kuat. Jika terpaksa membawanya, bungkus rapat dengan plastik dan solatif berulang-ulang
(4) Beri tanda berisi nomer tempat duduk dan lokasi turun pada tas yang akan dititipkan di bagasi. Beberapa bus menyediakan sticker khusus untuk ini

3. Menunggu di agen dan selama di perjalanan

Meskipun sudah pada hari H, bukan berarti tugas Anda selesai sempurna. Masih banyak hal-hal kecil yang perlu Anda perhatikan untuk keamanan dan kenyamanan Anda, dan penumpang lain.
(1) Datanglah tepat waktu, biasa 30 menit sebelum bus berangkat
(2) Biarkan driver assistant menyimpankan barang bawaan Anda ke dalam bagasi agar ia ingat tas besar itu milik Anda
(3) Selalu letakan tas kecil dalam jangkauan Anda, pegang atau taruh di pangkuan
(4) Ingatkan driver assistant lokasi turun Anda agar segera didata
(5) Manfaatkan fasilitas bus (kursi reclaining seat, sandaran kaki, selimut, atau bantal) dengan bijaksana
(6) Jangan gunakan toilet bus untuk BAB
(7) Jangan menerima makanan atau minuman dari penumpang lain dengan penolakan sopan
(8) Jangan ragu bertanya pada driver assistant atau penumpang lain jika Anda tidak mengetahui dimana lokasi bus saat itu. Cara paling mudah adalah dengan melihat tulisan alamat toko di pinggir jalan.

4. Sesampainya di tempat tujuan

Begitu driver assistant menyebut tempat tujuan Anda, siapkan tas kecil Anda dan periksa sekilas isinya. Jika semua lengkap, lekaslah menuju pintu keluar dengan perlahan dan minta driver assistant untuk mengambilkan tas besar Anda. Jika Anda memiliki sticker bagasi, tunjukan potongannya. Akhirnya, mintalah sopir menurunkan Anda di tempat yang ramai orang lalu lalang terutama jika waktu sampai Anda adalah pagi dini hari.

Demikianlah tips sederhana yang akan membuat perjalanan Anda dengan bus tidak hanya aman namun juga aman.

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *